Monday, 7 January 2013

CARA MEMBUAT BARCODE SENDIRI

Cara membuat barcode sendiri ternyata sangat mudah, kali ini saya akan membuat tutorial cara membuat barcode sendiri melalui komputer dan android.
Berikut ini langkah-langkahnya:

Cara membuat barcode dari komputer:

  • kemudian pilih tipe barcode yang di inginkan, misalnya pilih QR code.
  •  
  • kemudian masukan tulisan yang mau dibuat barcode seperti dibawah ini.
  • kemudian pilih ukuran barcode yang anda buat misalnya: small,
  •  kalau sudah, klik tombol Creat Barcode. maka akan muncul hasilnya seperti ini:
  •  
  •  selamat barcode anda sudah jadi :D 
  • cara menyimpanya: klik kanan gambar barcode, lalu pilih save image as, beri nama dan klik save.

 Cara membuat barcode dari android:
  • pertama kita download dulu aplikasi QR barcode generator dari playstore.
  • kemudian masuk ke aplikasi QR barcode generator yang tadi di download.
  • kemudian masukan url atau tulisan yang akan dibuat barcode.
  • tab(klik) generate.
  • maka hasilnya seperti ini:
  •  
  • selamat barcode yang anda buat selesai tinggal simpan.
Sekian tutorial tentang cara membuat barcode sendiri dari komputer dan cara membuat barcode sendiri dari android dari saya, semoga tutorial ini dapat membantu anda untuk membuat barcode sendiri dengan mudah dan jelas.
Tolong tinggalkan komentar dibawah agar saya tau jejak anda di blog ini :) terimakasih...


BACA JUGA ARTIKEL DIBAWAH INI BUAT NAMBAH ILMU:


24 comments:

  1. wah nice info gan,,
    ditunggu kenjungan baliknya diblog saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan atas kunjungannya. nanti saya pasti bertamu ke blog kamu.

      Delete
  2. Terimakasih informasinya. Tapi, ada nggak software untuk membuat barcode secara off line?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Software untuk apa perangkat apa gan?
      Kalau untuk android dengan software QRbarcode generator bisa offline, atau anda bisa coba aplikasi barcode scaner yang lebih lengkap fiturnya, bisa dipakai untuk scan dan membuat barcode.
      Tapa kalau untuk komputer yang offline saat ini saya belum tau.
      Thanks atas kunjungannya gan.....

      Delete
  3. Gan, mau tanya selanjutnya setelah di print. Untuk prakteknya pakai software apa ya?

    Print nya pakai kertas apa? kertas stiker biasa bisa kebaca?

    Thx b 4 infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk praktek scan maksudnya?
      kalau scan bisa pakai hp atau alat scan barcode asli.
      kalau pakai hp android bisa pakai software "QR BARCODE SCANER" silahkan download di playstore gratis.

      Untuk jenis kertas semua bisa mau kertas foto,stiker ataupun kertas biasa (hvs).

      Saran saya kalau pakai hp untuk melakukan scan sebaiknya gunakan hp yang kameranya diatas 3 mega pixel.
      Soalnya kamera kualitas rendah seperti vga sangat sulit fokus saat digunakan untuk scan.
      Selain itu kamera vga juga sulit digunakan untuk scan barcode di kertas stiker ataupun foto soalnya agak silau.

      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  4. gan kalo misalnya saya kan ada dikasih software nie pembuat barcode. jadi saya dikasih data data mentah nya buat di masukkan ke data base. nah hasil akhirnya itu pdf. untuk baca pdf nya itu ada gak software nya yah gan,, jadi kita bisa lihat kalo terdetek berarti kan data yang kita masukkan benar, jadi kalo gak kedetek data yang kita masukkan salah. tolong dibantu yah gann,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya untuk membaca file pdf?
      Bisa pakai foxit reader.

      Software apa yang dikasih ke anda?
      Tolong sebutkan nama softwarenya mungkin saya bisa bantu.

      Pertanyaan anda kurang jelas mohon diperjelas apa yang ingin di tannyakan dan apa masalah yang anda hadapi.
      Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  5. Replies
    1. Bisa gan. Bisa di scan dengan kamera hp ataupun dengan barcode scaner asli.

      Thanks atas kunjungannya....

      Delete
    2. Maaf komentar anda yang baru terpaksa kami hapus karena berisi link yg mengandung java scrypr berbahaya.
      Hapus javascrypt anda dulu baru kami izinkan pasang link ke blog tersebut.

      Delete
  6. scan menggunakan cam laptop bisa ga gan?
    software nya apaan gan?
    tolong di bantu ya gan.
    thx info sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau scan dengan cam laptop saya belum pernah coba, namun kalau di laptop(komputer) kita bisa scan secara online tanpa menggunakan software. caranya masuk ke
      http://www.onlinebarcodescan.com/
      Lalu upload gambar barcode yang mau di scan. Lalu tekan send file, maka akan tampil hasil scan.\
      Terima kasih atas kunjungannya...

      Delete
  7. gan, ane dah buat barcode, tapi subject nya cuma bisa di input angka doank gan...

    nah, ane kan mau inventarisir asset perusahaan nih, gimana caranya supaya disaat ane scan yang muncul bukan angka, tapi nama barangnya gaann...

    mohon di bantu solusinya ya gaaannn.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kamu menginput barcode dengan anka maka jika di scan langsung tanpa software tambahan yang keluar adalah angka.
      Jika barcode berisi angka namun jika di scan yang diinginkan keluar nama barang maka anda membutuhkan software tambahan untuk mendecode(menterjemahkan) angka menjadi nama barang.
      Anda bisa membuat software sendiri atau bisa juga membayar orang IT untuk membuatnya.

      Saya beri contoh misal anda ingin membuat sendiri dengan bahasa PHP dan menggunakan MYSQL untuk databasenya.
      PHP berfungsi untuk menterjemahkan angka hasil scan barcode ke angka.
      Mysql berfungsi untuk menyimpan database nama barang dan angka barang(saya sebut ID barang).
      Cara kerjanya ketika barcode di scan maka hasil scan berupa angka akan di cocokan dengan ID barang di data base, jika cocok maka Data base nama barang yang cocok akan ditampilkan.
      Demikian penjelasannya, jika ada yang kurang jelas silahkan untuk ditanyakan.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  8. om oxvi sy mau tanya om, kalau ngeprin barcodenya pakai printer biasa bisa nggak?, misalnya laserjet mohon di bls terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah om :D saya masih mahasiswa mas :D
      Bisa saja asal hasilnya tidak buram(blur) karena jika buram saat di scan akan susah, dan kadang hasilnya tidak susuai.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  9. MAKASIH BANGET INFONYA, SAYA AKAN BUAT QR CODE DI KM O INDONESIA (SABANG), DARI BATU BEWARNA HITAM DAN PUTIH, SEPERTI DI RIO DE JENAIRO-BRAZIL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, wah keren bikin barcode dari batu? pasti sangar tuh :D
      Selamat berjuang gan.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  10. saya bikin scanbarcode qr tp kok di bb ga bsa msk yah,,, kan sya punya web saya pernah lihat pakai QR itu pas di scan langsung masuk ke broswer gtuuu,, kok tadi aku coba ga bsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aplikasinya barcode scaner di bb yang kurnag lengkap fiturnya, jadi hasil scan tidak bisa diakses melalui browsher. Coba cari aplikasi yang lebih lengkap fiturnya, kalau di bb saya tidak tau soalnya bukan pengguna bb.
      Kalau di android bisa pakai aplikasi "QR barcode scaner" bisa di download secara gratis di playstore.
      Terimakasih sudah berkujung....

      Delete
  11. Gan.... mau taya punya aplikasi barcode yg bisa langsung simpan data produk dan harga yg kita scan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di android saya blom tau gan, tapi kalau untuk desktop setau saya bisa bikin sendiri programnya, kalau nyari program yang udah jadi saya blom nemu, coba cari di google gan siapa tau ada.
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  12. Gan kalo kita mau buat sistem barcode untuk penyetokan barang, saat barang terbaca kemudian outputan pembacaannya langsung kita hubungkan ke excel. punya refrensi ga gan? ane ada project nih. tp belum pernah mainan sistem barcode. terimakasih

    ReplyDelete

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management