Thursday 5 January 2012

cara partisi sdcard

partisi bisa dikatakan skat atau pembagi.
fungsi mempartisi adalah membagi ruang pada memory sesuai kebutuhan dan fungsinya.
ada banyak jenis partisi misalnya fat, ext, swap, dll.

berikut adalah tutorial mempartisi sdcard yang akan digunakan di ponsen android.
pada dasarnya sama cara mempartisi sdcard ataupun hard disc.
maka bagi anda yang akan mempartisi hard disk bisa mengikuti tutorial ini dengan catatan mengganti jenis partisi sesuai kebutuhan.

untuk sdcard android ikuti saja sesuai tutorial ini.

klik pada gambar untuk memperbesar gambar bila kurang jelas.

 download dulu software mini tool partition wizard klik di sini
kalau linknya udah gak bisa tolong kasih tau aku lewat coment ya.

setelah itu instal mini tool partition wizard

Perhatian! Gunakan card reader untuk mempartisi, jangan menggunakan hp dan kabel usb!


pertama backup data yang ada di sdcard
pilih semua data lalu copy ke hard disk


lalu buka mini tool partition wizard

cek dulu lokasi sdcard kamu biasanya terletak di paling bawah


klik kanan sdcard kamu lalu pilih delete untuk menghapus partisi sdcard kamu (semua data di sdcard akan hilang) makanya saranku backup dulu semua data
lalu klik lagi pada sdcard kamu
lalu pilih creat seperti di gambar


kemudian akan muncul menu seperti pada gambar, isi saja seperti di gambar
ini proses membuat partisi FAT
  jika berhasil maka akan muncul partisi baru di sdcardmu. FAT dan Unlocated
klik lagi pada sdcard Unlocated dan klik creat lagi untuk membuat partisi baru
klik yes jika muncul peringatan

disini proses membuat partisi ext
pilih partisi ext4 karena itu versi terbaru dari jenis partisi ext.
maka akan muncul lagi partisi baru yaitu ext4 yang tadi kita buat

Pilih lagi Unalocated dan pilih creat lagi untuk membu partisi selanjutnya

disini proses membuat partisi swap
Isi lagi sesuai yang ada di gambar!

setelah itu akn muncul lagi partisi baru yaitu swap linux
fungsi partisi swap nantinya untuk membantu kinerja ram agar bekerja lebih ringan

sebelum di apply cek dulu proses yang ada di pojok kiri bawah. dan cek partisi memori kita sudah benar atau belum
partisi yang dibuat ada 3: FAT, Ext4, Linux Swap

tunggu sampai proses selesai.

nah sekarang proses membuat partisi anda sudah berhasil.

87 comments:

  1. shere vidionya dong...
    q pke memory 16Giga partisi pertama di bikin berpa nh,trs partisi ke 2 di bikin brp....

    pliesss,...helpme

    ReplyDelete
  2. maaf gan kalau video aku gak bikin gan.
    kalau ukuran partisi nggak ada patokan pastinya, tinggal sesuaikan kebutuhan.

    Sekedar referensi:
    memory 2GB
    -FAT = 1,5GB
    -ext4 = 400MB
    -Swap = sisanya

    memory 4 GB
    -FAT = 3,5GB
    -ext4 = 400MB
    -Swap = sisanya

    memory 8GB
    -FAT = 6,5GB
    -ext4 = 1GB
    -Swap = sisanya

    memory 16GB
    -FAT = 14,5GB
    -ext4 = 1GB
    -Swap = sisanya

    memory 32GB
    -FAT = 30GB
    -ext4 = 1,5MB
    -Swap = sisanya

    nah itu hanya referensi semata bukan sebuah patokan membagi partisi.
    untuk bagian swap boleh di hilangkan jika memang tidak dibutuhkan, soalnya patisi swap tidak terlalu membantu di android.

    Sumber:Pengalaman Pribadi!

    ReplyDelete
  3. tapi kenapa ea setiap q sudah selesai partisi q aktfkan HH q q buka link2sd trs muncul pemberitahuan partisi ke 2 gagalngebotin,gt terus mpe pusing nh gan,...
    pliess halp mee........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kemungkinan besar partisi ext kamu gagal atau tidak suport dengan link2sd.
      Coba dipartisi ulang, jika memakai link2sd saya sarankan untuk menggunakan partisi ext3.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  4. Replies
    1. Untuk mempartisi tidak harus di root.
      Root hanya dibutuhkan oleh sofware untuk memperbesar memori internal seperti darktremor, amarulz, link2sd, ungaze.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  5. buat yang ga bisa... coba deh baca dulu kenapa ampe ga bisa.
    gue xperia x10minipro. dia ga bisa pake ext4. ini hape minta format external sd nya FAT 32. gue turutin maunya ini hape.
    alhasil. bisa kok gue pake link2sd nya...
    buat kawan2. liat aja dulu. hapenya minta format dalam bentuk apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah dibantu untuk menjawab.
      Memang kadang kita menemui kendala saat menggunakan partisi ext, saran saya pakai partisi fat jika gagal di partisi ext.

      jika sdcard anda 4GB:
      Fat = 3GB untuk menyimpan file seperti gambar, musik,dll.
      Fat = 1GB untuk menyimpan data aplikasi dari internal memori

      jika sdcard anda 8GB:
      Fat32 = 7GB untuk menyimpan file seperti gambar, musik,dll.
      Fat = 1GB untuk menyimpan data aplikasi dari internal memori

      jika sdcard anda 16GB:
      Fat32 = 15GB untuk menyimpan file seperti gambar, musik,dll.
      Fat = 1GB untuk menyimpan data aplikasi dari internal memori

      Namun format memori diatas bukan patokan untuk mempartisi, gunakan partisi kedua sesuai kebutuhan anda.

      Delete
  6. @ega: kamu pakai partisi apa? ext4? mungkin link2sd yg kmu pake gak suport ama partisinya, coba partisi ulang dengan tipe partisi lain misalnya ext2,ext3 atau yang lain.

    @andhika: kalau pakai darktremor harus root gan :) syarat dasar oprek, hehehehe...

    @ketoprak: FAT32 hanya dipakai jika ukuran partisinya melebihi 4GB. thanks ya gan dah bantu jawab.

    ReplyDelete
  7. maaf ada sedikit ralat buat komentarku tentang partisi fat.

    maaf gan kalau video aku gak bikin gan.
    kalau ukuran partisi nggak ada patokan pastinya, tinggal sesuaikan kebutuhan.

    Sekedar referensi:
    memory 2GB
    -FAT = 1,5GB
    -ext4 = 400MB
    -Swap = sisanya

    memory 4 GB
    -FAT = 3,5GB
    -ext4 = 400MB
    -Swap = sisanya

    memory 8GB
    -FAT32 = 6,5GB
    -ext4 = 1GB
    -Swap = sisanya

    memory 16GB
    -FAT32 = 14,5GB
    -ext4 = 1GB
    -Swap = sisanya

    memory 32GB
    -FAT32 = 30GB
    -ext4 = 1,5MB
    -Swap = sisanya

    nah itu hanya referensi semata bukan sebuah patokan membagi partisi.
    untuk bagian swap boleh di hilangkan jika memang tidak dibutuhkan, soalnya patisi swap tidak terlalu membantu di android.

    Sumber:Pengalaman Pribadi!

    ReplyDelete
  8. bro sd ane 4gb trus klo ext4 nya diganti jdi 1 giga bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan. Ukuran partisi tidak ada patokan pastinya, tinggal sesuikan kebutuhan aja. kalau ext4 1GB maka konsekuensinya partisi FAT anda jadi kecil, namun tidak apa-apa kalau kamu tidak mempunyai banyak file musik dan video.
      Oya saya ingatkan lagi kalau sebelum mempartisi sebaiknya SDCARD di Backup dahulu supaya data aman.

      Delete
  9. wah... ini ada yang salah sepertinya...
    Hpku, Cross A18, pakai memory sandisk 2GB class 6.

    Saat dah partisi sdcard, sudah sukses... cuma, komposisi

    FAT : 1.5 GB
    ext4 : 350 MB
    Swap : sisanya...

    Sukses... dah kebaca...
    Akhirnya, saya masukkan ke HP.
    mau next step untuk memperbesar memory internal.

    Akan tetapi, lha kok nggak bisa idup ya hpnya ?.
    pas memory saya lepas, jalan normal...

    Ini kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba hidupkan hp tanpa memori lalu masukan memori eksternalnya, apakah hp langsung mati?

      Untuk masalah ini bisa banyak penyebabnya, bisa karena partisinya rusak saat sdcard dilepas(eject) dari komputer, soalnya saya pernah mengalami kejadian ini, sukses mempartisi dan terbaca di komputer setelah dimasukan hp memory gak kebaca, solusinya coba partisi ulang.
      Menurut pengalaman teman saya yang memakai sandisk memang susah dipartisi, saran saya partisi dari hp langsung bisa menggunakan cwm.

      Delete
  10. gan partisinya langsung via Usb or Card Rider,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Partisi harus menggunakan Card Reader. Jangan menggunakan USB.
      Thanks atas kunjungannya.

      Delete
  11. gan knapa yg kluar hnya dua file aj neh gan...
    ak gx ngerti
    kolom linux swapny gx ad..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kluar dua file?
      Maksudnya file yang mana?
      Linux swap ada di file system itu di klik tanda panah ke bawahnya biar keluar menunya seperti gambar diatas.

      Tolong perjelas pertanyaan anda agar saya mudah untuk menjawabnya.
      Terima kasih atas kunjungannya....

      Delete
  12. Gan Kalo Ane Punya tablet Axioo Pico Pad Series 7 GGA, ane salah ngepartisi, yg ane partisi malah memori internal, terus di tablet ane memori internalnya gak terdeteksi, Ada solusi memperbaiki memori internal ane seperti biasa....? Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa Kamu partisi menggunakan kabel USB?
      Seharusnya saat mempartisi tidak dianjurkan menggunakan kabel usb karena sangat rawan.
      Saya belum pernanh menghadapi masalah ini, namun ada beberapa saran dari saya.
      1. Coba untuk melakukan factory reset (resiko semua data di internal memory akan hilang) logikanya factory reset itu memformat ulang memory internal.
      Kalau masih gagal.
      2. Coba lakukan partisi ulang dengan mini partition magic namun sebelumnya lepas sdcard anda.
      Kalau masih gagal.
      3. Sebaiknya anda bawa ke service center resminya jika masih bergaransi coba berikan alasan yang tepat agar customer service tidak menghapus garansi anda.
      contoh:
      Tablet saya rusak setelah instal game pes yang dikirimi teman.
      !INGAT! jangan pernah bilang kalau rusak akibat di partisi sendiri, dan pasang muka gaptek (jangan bertingkah sok pintar) agar customer service percaya alasan anda.

      Semoga saran diatas dapat membantu anda, terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. + Mau tanya, kok Linux Swapnya gak Ada ya pas ane buka Mini tool Partition

      Delete
    3. maksudnya menu untuk membuat partisi? Ada kok tuh digambar atas ada.

      Kalau partisi swap di smartphone maupun di windows gak bisa ditampilkan di explorer. Kecuali ada software tambahan.

      Delete
  13. wow blognya keren pada ilmu IT semua. boleh dong di add kita nimbrung.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Add kemana gan? Silahkan saja gan saya selalu terbuka, Terimakasih atas kunjungannya :D

      Delete
  14. disamsung galaxy grand gw kagak bisa ni bro? ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gak bisa kebaca partisinya ya gan?
      Mungkin ada langkah yang salah saat proses coba diulang kembali.

      Nanti kalau ada waktu akan saya posting cara mempartisi sdcard dengan androi jadi tidak perlu komputer, namun cara ini lebih beresiko tinggi. Agar tidak kelewatan postingan saya sebaiknya FOLLOW blog saya menunya ada di atas bagian kanan "FOLLOWER" klik saja JOIN THIS SITE dan login ke gmail.

      Terima kasih atas kunjungannya...

      Delete
  15. saya coba buka pakai link2sd muncul tulisan "root access warning" isinya link2sd could not obtain root acces, if you have root access make sure you respond'Allow' or 'grant' to the superuser request.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu berarti anda belum memberikan izin akses link2sd.
      Pastikan android anda sudah di root, jika sudah sekarang masuk super user dan cari link2sd kemudian klik allow.

      Namun jika belum di root maka sebaiknya anda root dahulu, cari caranya di google bannyak.

      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. apakah klu diroot garansi jadi hilang bro, saya ragu mau root ini grand

      Delete
    3. Root memang menghilangkan garansi...
      Namun semua pasti ada jalan, ada cara untuk UNROOT atau cara menghilangkan hak akses root pada android, jadi android anda akan seperti belum di root.

      Jika ingin melakukan root sebaiknya banyak belajar dulu cara rooting dan pelajari resiko apasaja jika melakukan rooting.
      Jika ragu, cari teman yang lebih paham tentang rooting agar tidak menyesal jika gagal :D
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  16. Aku pake custom room galaxi S2 gan untuk samsung Galaxi Ace
    tapi ga bsa nambah memori internalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah pakai rom itu, memang sulit memperbesar memori internal jika memakai rom itu. Saran saya coba pakai rom apocalypse seperti yang sedang saya pakai, apocalypse sangat ringan dan cepat selain itu customrom ini juga sangat kompitable dengan semua software untuk memperbesar memory dari link2sd, a2sdgui darktremor sampai amarulz semuanya suport.
      Silahkan cari apocalypse di xda.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  17. gan knp ya pas dah mulai jalanin link2sdnya, trus ada pilihan, udah aku pilih ko tulisannya keluar memasang script salah, pdahal dah ku coba pilih yg laenya tp tetep kluar tulisan itu, kira2 ada yg salah dmnnya ga? oh ya stelah udah d partisi trus ake eject SDcardnya ada pilihan cancel, try again, n continue, mohon pencerahannya gan, trims salam damai buat smua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pakai rom apa gan?
      Soalnya biasanya kalau ada kesalahan berawal dari rom yang tidak support dengan link2sd.
      Atau mungkin juga bisa karena partisi belum sukses. Coba di cek dengan mini partition magic lagi apakah partisi sudah benar, oya sebaiknya jika memakai partisi ext gunakan yang versi ext3 soalnya kalau ext4 takutnya belum support.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  18. Gan kalo hpny CROSS A7 bisa ngak diperbesar memori internalnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa temenku pernah coba dengan link2sd sukses, tapi sayang saat menggunakan metode ungaze gagal ntah itu karena temenku salah proses atau memang gak support dengan ungaze.
      Nanti kalau ada waktu aku coba di A7 temenku nanti kalau sukses aku share.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  19. min FAT nya kq g bisa nambah knp?
    memori ane 16GB

    ReplyDelete
    Replies
    1. FAT gak bisa nambah?
      Maksudnya gimana?
      Sudah kamu partisi sdcardmu?
      maaf gan saya bingung dengan pertanyaannya tolong lebih jelas.
      Kalau sdcard di partisi bukannya bertambah tetapi malah berkurang karena dibagi dengan partisi ext.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. Sekedar membantu aja, mungkin yg dimaksud agan pocong saat dia partisi memory gak bisa lbh dari 4giga, hal ini disebabkan karena agan pocong pakai FAT yg maksimalnya cuma 4G. Saran ane , kalau partisi lbh dari 4G sebaiknya pakai format FAT32. Semoga bisa membantu :)

      Delete
    3. Terimakasih gan atas bantuannya :D
      Pertanyaannya kurang jelas aku jadi bingung hahaha...
      Memang FAT itu kapasitas masimalnya 4GB, nah kalau mau membuat partisi lebih dari 4GB gunakan FAT32 seperti saran gan Mashary :)
      Sebenarnya komentar pertama saya diatas sendiri juga sudah saya beri contoh beberapa saran untuk membagi ukuran partisi, dan disitu juga saya cantumkan kalau kapasitas lebih dari 4GB pakai yang FAT32, mungkin gan pocong tidak membaca komentar dari awal :D
      Thanks buat gan Mashary yang mau meluangkan waktu buat berbagi :)

      Delete
  20. hp aku samsung galaxy young memory internalnya cuma 190MB, eksternal 1,84GB apa bisa diperbesar memory internalnya dgn cara diatas?

    dan memory yang i masukin cardreader itu yg internal/yang eksternal ??

    mohon penjelasanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galaxy young bisa asal romnya support.
      Kalau yang dipartisi dengan cardreader memory externalnya gan.
      Sebelum mencoba cara diatas cek dulu class berapa sdcardmu?
      saya sarankan pakai sdcard minimal class4.
      Terimakasih atas kunjungannya... maaf kalau baru sempat balas

      Delete
    2. cara ngecek clas sdcard gmn gan saya pake vgen 8g gan

      Delete
    3. Melihat class biasanya ada di wadah sdcard, ada tulisan angka dilingkari.
      Tapi kalau mau cek manual bisa pakai antutu bencmark, di test dan lihat kecepatan sdcardnya brapa? misalnya hasil tes mendekati 10MBps berarti sdcard kamu class 10.
      Tapi kalau kamu beli merk vigen dengan harga murah kebanyakan yang beredar di pasaran vgen tidak ada classnya.
      Saranku pakai sdcard merk sandisk atau trancend yang lebih baik kualitasnya.
      Terimakasih sudah berkunjung...

      Delete
  21. bang gw kan install software link 2sd dan gw udah partisiiin ke ext2
    pass gw buka link2sd kayak gini bacaannya mount script created , please restart your phone to mount the second parttion
    of your sd card

    if you.re getting this message after restaring, it means that the second partition cannot be mounted automatically at boot you cannot create link

    pass gw liat storoge kayak gini sdcard part 2 not mounted

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu perintah untuk restart hp gan.
      Silahkan di restart dulu hpnya.
      Nanti kalau masih muncul tulisan seperti itu lagi berarti link2sd tidak bisa membaca partisi agan.
      Solusinya bisa dipartidi lagi dengan tipe ext3.
      Semoga berhasil gan. Terimakasih sudah berkunjung...

      Delete
  22. cara nge cek ramnya bertambah gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk settings lalu pilih applications lalu pilih running service.
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  23. gan mo tanya nih !!!
    memory saya kan kapasitas 8 gb
    saat create fat di batasi sampai 4 gb doank,knp iah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kapasitas FAT hanya dibatasi maksimal 4GB, kalau mau bikin partisi diatas 4GB gunakan FAT32.
      Terimakaih gan sudah berkunjung.

      Delete
  24. gan mohon bantuannya,,
    sdcard saya kan sudah dipartisi menurut cara di atas tapi pas dimasukan ke hp kok tulisannya "SD CARD BLANK OR HAS UNSUPPORTED FILESYSTEM",,
    terus saya coba partisi lewat cwm ttp saja seperti itu...
    saya pakai gingerDX..
    mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pastikan sdcard masih bisa konek dengan komputer apa tidak?
      Kalau masih bisa dideteksi pc, coba hapus semua partisi lalu buat partisi baru fat/fat32(tergantung ukuran).
      kalau sudah cabut sdcard dari pc lalu tancapkan lagi ke pc, coba cek apakah terdeteksi?
      Jika terdeteksi maka coba kirim satu gambar ke sdcard.
      Lalu lepas sdcard dan tancapkan ke hp, seharusnya hp langsung membaca sdcard.
      Apakah cara diatas berhasil? silahkan tanyakan lagi jika masih ada yang bingung.
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  25. trimakasih atas sarannya, dan saran anda sudah saya coba tapi ttp saja hasilnya sama saja waktu ditancapkan ke hp....
    padahal di pc datanya kebaca tapi waktu di hp ttp saja gak bisa...
    mohon petunjuknya bozz,,.
    sd card saya yang tulisannya HC...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa partisinya sudah benar gan? kemungkinan itu salah pilih partisi kalau di pc bisa baca trus di hp gak bisa. soalnya hp hanya bisa baca partisi FAT/FAT32. kalau agan sampai salah pilih partisi misalnya partisi jenis NTFS maka di pc akan terbaca gan tapi tidak di hp.

      Kalau agan punya CWM lakukan partisi melalaui CWM saja biar nggak bingun milih jenis partisinya karena sudah otomatis.
      Jika masih bingung silahkan ditanyakan lagi, terimakasih sudah setia memantau blog ini gan.

      Delete
  26. Sudah bisa gan.. ane pake format FAT32
    FAT32 = 6,3 GB
    Ext4 = 893 Mb
    Swap = 40 Mb

    makasih gan.

    Tinggal memperbesar memory internal ni, ane pake Samsung Galaxy Young, yang memory internalnya selalu penuh, bahkan buat terima sms susahnya "Awesome". ( Sudah ada Link2SD, Rooted by UPDATED.ZIP (superuser), sama ASTRO explorer), Ada saran selain harus ada folder [init.d] di system/etc? ane tunggu gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau selain pakai init.d ya pakai ungaze atau link2sd.
      Tetapi kalau agan mau coba oprek agar bisa pasang init.d bisa pakai cara ini:
      http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2187202
      Maaf belum sempat translate ke indo, lain kali akan saya buatkan tutorialnya.
      Terimakasih sudah berkunjung gan.

      Delete
  27. sudah benar betul gan agan,, formatnya FAT, Ext4 dan linux swap...
    kan saya sudah bilang dari awal gan,, sudah dpartisi lewat CWM tp hasilnya tetap tidak bisa di baca di hp gan..
    Mohon di bantu gan saya bingung banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh maaf saya jadi bingung karena terpotong-potong komentnya, usahakan untuk koment di tempat yang sama gan(klik balas), jangan membuat komentar baru biar saya gak bingung :D

      Coba diformat dari komputer pakai mini partition magic, hapus semua partisi FAT, SWAP, EXT. lalu buat partisi baru hanya FAT saja, jangan pakai partisi EXT dan SWAP.
      Lalu apply.
      Coba kirim gambar lagi dan masukan ke hp.
      Atau coba pakai memori lain masukan ke hp, Kalau tetap tidak bisa kemungkinan slot sdcard di hpnya yang rusak sehingga plat kunningnya tidak terkoneksi sehingga sdcard tidak dikenali.
      Kalau agan yakin 100% sudah membuat partisi dengan benar sesuai petungjuk di tutorial saya seharusnya bisa dibaca di hp gan.
      Semoga membantu gan.

      Delete
    2. ohh yaw mapp..
      saya sudah yakin benar suda mengikuti tutorial dengan benar....
      pkoknya klo sdcardnya sesudah dipartisi gak kebaca di hp tp klo di format lagibisa kebaca sdcardnya...
      iyaw akan saya coba././.
      trimakasih gan

      Delete
    3. gan kalo formatnya cuma FAT bisa kebaca di hp tp klo di tambah ext ja sudah gak kebaca,.,.,.
      gimana nih gan,.,.???

      Delete
    4. gini gan,, ternyata kalou sdcardnya dipasang saat hp nyala abis di reboot bisa ke baca gan,, tp kalau di reboot lagi gak kebaca lagi gan,,,.
      terus internalnya available gan dan sms gak bisa masuk,, katanya memori pesan penuh gitu teerus.,.,.
      tolong solusinya gan././.

      Delete
    5. Apa mungkin karena salah pilih partisi ya?
      Klo FAT bisa dan FAT32 gak kebaca, mungkin karena ruang partisi FAT yang anda gunakan dibawah 4GB jadi seharusnya menggunakan FAT.
      Coba saja gan.

      Oiya kalau vgen saya rasa kurang bagus buat melayani memori internal karena speednya yang kurang.
      Nanti efeknya malah lemot.
      Sebaiknya beli sdcard merk Sandisk atau Trancend saja gan yang class 10.

      Cara cek class lihat di wadah memori ada angka di dalam huruf U.
      Terimakasih sudah berkunjung gan semoga berhasil.

      Delete
  28. gan tolong gw dong, gw gagal partisi. Jadi masalahnya waktu gw udah partisi kartu sd gw, gw klik Apply tpi koq sdcard gw unlocatted lagi, klo kurang jelas silahkan lihat video ini
    "http://youtu.be/Bgu6lnc1EgU" (tanpa tanda kutip)

    Tolong kasih tau cara mengatasinya ya gan

    ReplyDelete
  29. gan, saya udah ngikutin step2 buat partisinya. setelah dipartisi terus diapain lagi gan? pake aplikasi lain atau gimana?

    ReplyDelete
  30. gan kok punya saya gak ada Unmount/SD-ext
    bisa di bantu gan

    ReplyDelete
  31. mo tanya setelah saya partisi, trus saya apply maka muncul purchase, katanya gratis kok muncul gitu, mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  32. link nya ga bisa gan.....disuruh buy purchase gan....kailaputeri@gmail.com

    ReplyDelete
  33. gan sdcard saya ko ga mau masuk mini tool ya..

    moohon bantuannya

    ReplyDelete
  34. minitoolnya yg di DL yg mna gan?
    home,server,enterprise

    ReplyDelete
  35. gan,, mau tanya gimana ya cara memperbesar memori internal? hp saya oppo mirror R819

    ReplyDelete
  36. gan mau tanya,, kalau ngembalikan mikro sd jadi awal (sebelum partisi) itu gmn gan?? mhon bantuannya.. trimakasih..

    ReplyDelete
  37. gan mu tanya partisinya bisa pakek adapter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. adapter apa dulu gan...kl adapter microsd tentu bisa

      Delete
  38. bang gua mau nanya, hp gua kan huawei u8650 sonic kok ga bisa di root yah? *respon plis thaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab gan OCVI:
      ngrootnya pake apa gan, coba pake mobogenie ato MTKdroid Tool

      Delete
  39. gan, saya sudah coba cara diatas tapi kok masih gagal ya ?
    percobaan pertama saya, FAT32=3000 Ext4=700 dan swap=sisanya trus klik apply, tapi pas udah di masukin ke hp malah ngga kebaca

    percobaan kedua FAT=3100 Ext4=600 dan swap=sisanya trus klik apply, pas udah dimasukin ke hp memorinya dah kebaca tapi memori internal sama RAMnya ngga nambah

    percobaan ketiga yang Ext4 saya ganti jadi Ext3 tapi sama aja memori internal sama RAMnya ngga nambah
    itu gimana ya gan...
    saya pake galaxy fit memori 4gb classnya ngga tau wadahnya udah hilang
    tolong di reply ya gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana neh gan OXVInya kq ilang...

      Delete
    2. maaf saya lagi fokus tugas akhir :D
      jadi gak pernah buka blog.

      untuk semua pengunjung saya minta maaf karena tidak sempat menjawab pertanyaan kalian satu persatu.
      saran saya baca komentar2 temen2 yang sudah saya jawab siapa tau masalah kalian sama dengan masalah mereka. soalnya saya sering menjawab pertanyaan yg sama dari orang yg berbeda :)
      terima kasih atas kunjungannya, saya harap kemaklumannya :D

      Delete
  40. ada dmpaknya nggk om partisi sd card???

    ReplyDelete
  41. aplikasinya, udah minta berbayar, emangnya pakai serrial number ya pas mau di apply. kok saya pakai aplikasi EASEUS PARTITIONMASTEr gg ada tuh swap dan ext4, mohon balasannya gan,

    ReplyDelete
  42. bagaimana jika memery dilepas setelah dipartisi ..apakah nanti internal dan ram akan tetap pada ukurannya.

    ReplyDelete
  43. Setelah aq laluin smua link2sd ku gak bisa buat scrip pasangan.mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  44. Setelah aq laluin smua link2sd ku gak bisa buat scrip pasangan.mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  45. Gan sya udh bikin tiga partisi
    FAT 32
    EXT2
    Linux swap
    D memory 4 gb mlah kluar 4 partisi.... Dan ngk mau link di link2sd.
    Piye... Gan

    ReplyDelete
  46. klo partisinya sudah selesai data boleh dipindah kembali ta gan?

    ReplyDelete

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management