Thursday 15 November 2012

cara instal link2sd

Solusi memory internal cepat penuh pada android memang sangat banyak diantaranya link2sd.
sebenarnya ada cara yang lebih ampuh seperti a2sd gui darktremor namun cara itu sering gagal pada stockrom, maka untuk pengguna stock rom link2sd adalah yang paling ampuh menurut saya.
Link2sd adalah aplikasi yang fungsinya memindahkan data aplikasi ke partisi pada sdcard sehingga memory internal lebih lega.

PERINGATAN: saya tidak bertanggung jawab atas hilangnya data atau kerusakan ponsel anda saat mengikuti tutorial ini!

Cara instal link2sd sangat mudah, bagian sulitnya pada pemula adalah saat melakukan partisi memory.

1. Pertama partisi dulu memory external kamu. KLIK DISINI UNTUK CARA PARTISI SDCARD
partisi jadikan 2 bagian yaitu FAT dan FAT atau FAT dan EXT3 untuk ukuran partisi kedua 1GB saja sudah cukup, sisanya jadikan FAT/FAT32.
2. download aplikasi link2sd: klik disini untuk download link2sd
3. extrack file yang tadi kita download, KLIK DISINI UNTUK CARA EXTRACK FILE DARI PONSEL
4. instal hasil extrack: Link2SD-1.5.5 by artoseven.apk
5. jalankan link2sd
6. lalu akan muncul peringatan untuk memilih partisi, pilih partisi yang tadi kita buat misalnya ext3.

7. restart ponsel kita, nah sekarang memory android gak akan cepat penuh.

20 comments:

  1. bentar... urutannya, kl dah install banyak program...
    trus, fungsi Link2SD dimana gan ?.

    kl kmrn baca2x artikel agan, pakai ext4.

    bisa kasih info, apa bedanya ext2, 3, 4 dll...


    trus... kl memory 2GB, ext4, cuma 400 MB,

    itu sendiri gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah banyak instal aplikasi ya fungsi link2sd adalah untuk memindah data aplikasi ke dalam partisi ext.

      Bedanya ext1,ext2,ext3,ext4. itu adalah versi partisi.
      Saya sarankan untuk menggunakan versi partisi terbaru seperti ext3 dan ext4 karena itu merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya.
      Namun terkadang ada beberapa aplikasi yang belum mendukung ext4 seperti link2sd dulu hanya mendukung sampai versi ext3. Saya tidak tau apakah sekarang mungkin link2sd sudah mendukung ext4 atau belum.

      Untuk ukuran partisi ext tidak ada patokan pastinya, namun sebaiknya anda gunakan sekitar 10% dari besar memori anda. Jadi jika memori anda 2GB maka sebaiknya partisi ext sekitar 200MB, namun walaupun memakai 400MB juga tidak apa-apa.

      Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  2. bang gw kan install software link 2sd dan gw udah partisiiin ke ext2
    pass gw buka link2sd kayak gini bacaannya mount script created , please restart your phone to mount the second parttion
    of your sd card

    if you.re getting this message after restaring, it means that the second partition cannot be mounted automatically at boot you cannot create link

    pass gw liat storoge kayak gini sdcard part 2 not mounted

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu adalah perintah untuk restart hp gan.
      Silahkan di restart dulu hp nya. Nanti kalau masih keluar tulisan seperti itu berarti partisi kamu belum benar, solusinya silahkan dipartisi lagi.
      Namun kalau tulisannya sudah tidak keluar berarti kamu sudah berhasil instal link2sd.
      Jika ada yang kurang jelas silahkan ditannyakan lagi.
      Terimakasih atas kunjunganyya...

      Delete
    2. aku instal superuser gan. baru bisa detech.

      owh ya gan emang ada beberapa aplikasi yang gag bisa di link ya gan ?
      aku ngelinknya failure terus kenapa ya gan ?

      Delete
  3. Mau tanya nih gan, kebetulan ane blm bs buka PC nih jadi gak bs backup data SDCard ke PC, soalnya ane lg di pelosok daerah. Kalau kita langsung partisi SDCardnya, apakah data d memory eksternal (SDCard) bisa hilang? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry walau telat aku jawab, mungkin berguna untuk yang lain :D
      Saat mempartisi semua isi sdcard akan terhapus, jadi kalau ada file penting silahkan dibackup dulu biar gak hilang.
      Terimakasih sudah berkunjung....

      Delete
  4. Sory gan, udah ketemu jawabannya. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau telat menjawab.
      Terimakasih gan sudah setia memantau blog ini.
      Kapan2 berkunjung lagi gan :D

      Delete
  5. mau tanya nih min... android ane mito t720 dah ane root, trus dah pasang link2sd, partisi yg ane buat fat32 dan ext2... yg jadi masalah, misal aplikasi ukuran 10mb dah ane link, status aplikasi menjadi "linked->sdcard" trus ane cek memory info di link2sd, sdcard 2nd part bertambah 10mb, masalahnya memory internal ikut nambah juga 10mb, itu apa yg salah ya ? ditunggu jawabannya ya... thanks ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itulah kelemahan link2sd, link2sd tidak bisa memindah semua bagian aplikasi, hanya cache dan beberapa file saja yang dipindah ke partisi ext, ada tutorial memperbesar memori internal yang lebih bagus tetapi resikonya juga besar.
      Ini ada beberapa teknik memperbesar memori internal yang lebih optimal:
      -ungaze
      -amarullz
      -darktremor
      INGAT! resikonya sangat besar sehingga kamu dituntut paham dan hati2 dalam menjalankan 3 pilihan diatas, juga siap menanggung resikonya.
      3 cara diatas ada di blog ini silahkan dicari, semoga berhasil, kalau ragu stop dan pakai link2sd saja :)
      Terimakasih sudah berkunjung...

      Delete
  6. gan sd card ane uda ane partisi pake ext4 tp knpa nga bisa terlink, n maksud nya terlink ni apa? balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau link2sd sebaiknya pakai partisi ext3, karena kemungkinan ;ink2sd tidak suport dengan ext4.
      Maksudnya terlink adalah data aplikasi akan dipindah oleh link2sd dan dibuatkan link, sehingga memori internal akan lebih longgar.
      Kalau link2sd pertama memang harus di link manual tetapi kalau sudah diseting ketika menginstal aplikasi akan otomatis terlink (otomatis dipindah ke memori external di partisi ext).
      Terimakasih sudah setia memantau blog ini.

      Delete
  7. Gan... link untuk link2sd, kayaknya gak aktif lagi... bisa di update kan...???

    ReplyDelete
  8. maaaf mau tanya .. aq udah lakuin smw .. namun waktu jalanin Link2SD n aq pilih ext3 cos aq parttisi mnjadi fat32, Ext3 dan linux .. nmun ktika aq klik Ext3 ada tulisaanny

    "LInk2SD could not obtain root acces if you have root access make sure your respond `allow` or `grant` to the superuser request "

    please help

    ReplyDelete
  9. maaaf mau tanya .. aq udah lakuin smw .. namun waktu jalanin Link2SD n aq pilih ext3 cos aq parttisi mnjadi fat32, Ext3 dan linux .. nmun ktika aq klik Ext3 ada tulisaanny

    "LInk2SD could not obtain root acces if you have root access make sure your respond `allow` or `grant` to the superuser request "

    please help.......................sama ama ane ada soluzinya gak...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. root dulu hh nya.. coba googling cara root hh agan..
      semoga membabntu

      Delete
  10. gan ane mau tanya neh. hh ane cross a20 root. tp tiap pake link2sd ane plih jenis partisi ke 2 pasti muncul penulisan script gagal gitu..

    ReplyDelete

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management