Saturday 23 March 2013

CARA MEMPERBESAR MEMORY INTERNAL SMARTPHONE ANDROID DENGAN AMARULLZ

Cara membesarkan memori internal android sangatlah mudah hanya dengan beberapa langkah saja memori internal anda akan menjadi besar sehingga anda bisa instal ratusan aplikasi tanpa khawatir memori internal anda penuh.
Berikut ini adalah tutorial cara mengatasi memori internal android cepat penuh:

Persiapan sebelum membesarkan internal memori android:
1. Andrid anda harus punya folder init.d
Untuk melihat apakah android kita sudah ada folder init.d caranya buka es file explorer atau root explorer,
Bagi yang belum punya es explorer Klik di sini untuk menginstal atau melihat fingsi ex explorer
cari di /system/etc/init.d Jika ada folder init.d maka anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya.

2. SDcard harus sudah dipartisi ext, sebaiknya ext4. KLIK DI SINI UNTUK CARA MEMPARTISI SDCARD

3.  Anda harus memastikan tidak ada script darktremor, link2sd, dll. Jika masih ada script maka lakukan uninstal atau menghapus script tersebut, Letak scriptnya di /system/etc/init.d

 Setelah persiapan diatas terpenuhi sekarang saatnya memasukan script amarullz ke folder init.d:
1. Download Script Amarullz. KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD SCRIPT AMARULLZ

2. Extrack file yang tadi kita download. KLIK DISINI UNTUK CARA EXTRACT FILE

3. Masuk ke folder hasil extract Copy file 40ad2sdx ke folder /system/etc/init.d


4. Ganti izin akses file menjadi rwxrwxrwx. KLIK DISINI UNTUK CARA GANTI IZIN AKSES

5. Reboot (saat reboot mungkin butuh waktu lama sekitar 2-10 menit, saat itu manfaatkan untuk berdo'a sambil menunggu semoga berhasil dan tidak bootloop amiiiin...) wkwkwkwk

6. Cek apakah berhasil, caranya masuk settings-storage lihat internal storage total spacenya berapa?

#SEBELUM DIINSTAL AMARULLZ#
#SETELAH DIINSTAL AMARULLZ#
Tampak perbedaan yang sangat besar pada Total Space sebelum diinstal amarllz hanya 178MB sedangkan setelah diinstal script amarullz menjadi 1,12GB, dengan demikian anda bisa instal ratusan aplikasi sesuka anda, tapi anda harus benar-benar teliti saat instal banyak aplikasi karena banyak aplikasi android yang run in background atau hidup terus walaupun sudah dimatikan, contohnya seperti game zynga dan aplikasi chating seperti wechat, fb, whatsapp, dll.
Apa efeknya jika instal aplikasi yang bersifat run in background?
Device anda akan menjadi sangat lemot, dikarenakan RAM penuh terisi banyak aplikasi run in background.
Bagaimana cara mengatasinya?
Tunggu jawabannya Besok :D sudah malam mata gak kuat buat ngetik postingan lagi.
Artikel selanjutnya akan membahas CARA MENGATASI SMARTPHONE ANDROID YANG LEMOT ATAU CARA MERINGANKAN KINERJA RAM.

Tolong tinggalkan komentar agar saya tahu jejak anda mungkin berupa pertanyaan yang masih bingung atau ucapan terimakasih bagi yang sudah sukses :D
Terimakasih atas kunjungannya ditulis oleh Deni Prasetyo admin oxvi.blogspot.com

284 comments:

  1. saya lebih suka pake cara ungaze hhe.. :) cuma sekarang2 lagi males ngepartisi, nggak gitu banyak nginstall aplikasi soalnya, udah kebagi diHP satunya hhe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ungaze ya... oke gan keren juga, kalau maniak game wajib ngoprek memory biar longgar memory internalnya hehehe
      Thanks atas kunjungannya.

      Delete
  2. klo folder init.d blum ada gimana?
    folder system nya jg ga ada d es file explorer nya.

    ReplyDelete
  3. Sebelumnya saya tannya dahulu apa HP sudah di root?
    Jika ya : maka masuk es explorer, tekan menu trus pilih setings, geser kebawah sampai ketemu root setings lalu centang semua menu, lalu kembali ke menu awal. kemudian pilih favorites yang ada dimenu kiri atas lalu pilih gambar HP (/). maka anda akan masuk Root, di situ ada folder atc masuk dan cari folder init.d. jika ada anda bisa mengikuti tutorial diatas namun jika tidak ada sebaiknya anda cari cara lain untuk memperbesar memory (saya tidak menyarankan anda untuk membuat folder init.d sendiri agar tidak terjadi lerusakan di hp anda).
    Jika belum di root : maka sebaiknya anda melakukan root dan mengganti dengan customrom agar lebih mudah dalam melakukan oprek (sebaiknya baca resiko melakukan root dan ganti rom, saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang anda alamai).

    ReplyDelete
  4. kalau memry eksternalnya kita cabut, apakah memori internalnya kembali seperti semula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memory external dicabut saat hh kita dalam keadaan hidup maka kemungkinan terbesar adalah hh kita langsung error dan semua aplikasi akan mati semua karena semua data aplikasi kita berada pada external memori kita.
      Nah jadi tidak disarankan melepas kartu memori external saat menggunakan amarulz ataupun a2sd darktremor, kalaupun terpaksa ingin melepas external memori maka sebaiknya hh dimatikan dahulu agar tidak ada kerusakan data.
      Semoga bisa membantu, thanks atas kunjungannya gan.

      Delete
  5. Saya malah aneh jadinya. Sesudah mencoba itu semua, malah yang tampil di Available Space: 0.0B.

    Lalu muncul notifikasi bahwa internal storage penuh. Meski di Available Space itu -anehnya- justru hijau, tanda masih lapang. Saya alokasikan untuk 2nd partition 1GB dari SD Card 8GB.

    Itu bagaimana cara mengakalinya ya? Apa mungkin ada bentrok dengan app2sd di /etc/init.d?

    Saya pakai savie73REV_kernel, Custom ROM Aurorav2 (suka saja dengan ROM satu ini, simpel dan juga cukup stabil). Firmware DXLL1.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan mungkin belum menghapus script app2sd di folder init.d ya?
      jika belum hapus dulu script app2sd baru ulangi cara di atas.
      #saya sarankan untuk melakukan backup rom dengan cwm sebelum menghapus script, supaya data aman#
      Saya tidak bertanggung jawab atas hilangnya data atau kerusakan hh anda.
      Udah saya uji di hh galaxy ace dengan rom apocalypse dan ext4 1GB sukses tanpa ada kendala.

      Delete
  6. saya pake xperia neo l, sudah di root..
    nyoba nyari folder init.d di root explorer kok ga ada ya? klo smisal saya tambahkan sendiri folder init.d apa tidak masalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau membuat folder init.d sendiri saya belum pernah melakukan. Dan saya tidak menyarankan anda untuk membuatnya, soalnya tutorial yang saya kutip dari XDA Developer tidak ada perintah untuk membuat folder init.d sendiri.
      Resikonya android anda kemungkinan bisa mengalami kegagalan sistem seperti bootloop dan mati total, sebaiknya anda memakai cara lain seperti link2sd saja yang lebih aman.

      KLIK DISINI UNTUK CARA INSTAL LINK2SD

      Delete
    2. masukin file 40ad2sdx ke folder init.d gmn ya caranya? pas mau tak masukin situ kok ga mau, katanya krn foldernya read only.

      Delete
    3. Akhirnya tau n bs ngopy filenya ke folder init.d,, tp stlah di reboot kok kapasitas internal ga brubah ya min?

      Delete
    4. Untuk copy file kw folder init.d jika keluar peringatan read only maka di rubah izin aksesnya.
      Caranya diatas ada linknya silahkan di klik.

      Kalau tidak ada perubahan kmungkinan ada kesalahan saat mengganti izin akses.
      Atau mungkin karena anda membuat folder init.d sendiri?

      Delete
  7. Saya pke advan vandroid T,, cara ngroot nya gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sulit mncari tutorial untuk ngoprek android seperti advan dan mito. Soalnya developer jarang ada yg memakainya.
      Namun untuk root advan anda bisa coba pakai universal androot.
      Silhkan download di playstore.
      Sebelum melakukan rooting sbaiknya anda mempelajari resikonya.
      Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  8. malem gan mau tanya nih,apakah bisa untuk stock room atau untuk Custom ROM saja
    mohon pejelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya ini hanya untuk customrom.
      Namun di xda tidak menyebutkan hanya untuk customrom melainkan untuk rom yg sudah memiliki folder init.d. jadi tidak menuntut kemungkinan kalau stockrom bawaan pabrik sudah tersedia folder init.d bisa memakai amarulz.
      Namun sayangnya saat ini saya belum mnemukan stockrom yg sudah ada folder init.d nya.

      Delete
  9. data data nya pada ilang gak..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mengikuti tutorial ini dengan benar maka gak akan hilang. tapi demi kestabilan kalau saya selalu melakukan factory reset kalau mau oprek memory internal, soalnya hasilnya akan lebih stabil.
      Tetapi kalau agan gak melakukan factory reset ya gak papa semoga gak terjadi masalah aja.
      Oya sebelum mengikuti tutorial ini ada baiknya melakukan backup rom dengan cwm agar aman jika terjadi hal yang tidak kita inginkan.
      Thanks atas kunjungannya.

      Delete
  10. gan set permissiuns nya di centang semua ya? fast respons ya:)

    ReplyDelete
  11. gan tetep gak berubah, sebelum nya 88mb, setelah ane copy scriptnya gak berubah gan, gimana dong help me :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pakai rom apa gan?
      Trus hp apa?
      mungkin saya bisa bantu.

      Delete
  12. Kalo galaxy young gmn gan?
    Masih perawan, blm di root..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hp nya masih belum pernah di oprek sebaiknya agan jangan pakai amarulz, karna sudah pasti gagal.
      ada cara alternatif untuk membesarkan memory seperti Link2SD.
      KLIK DISINI UNTUK CARA INSTAL LINK2SD

      Atau kalau agan ngotot pakai cara ini sebaiknya agan mulai ngoprek dari basic dulu seperti root.

      Delete
  13. Ada yang pada bingung nih...
    kebanyakan tanya soal init.d yang nggak ada...
    termasuk ane nih gan...

    punyaku cross A18, dah diroot dan udah ngelakukan repartition SD Card...

    cuma, mentoks bingung spt temen2x... kl misalnya init.d nggak ada gimana ya ?.

    kmrn ku ngeroot pakai SP_Flash, Super One dan bantuan SnapPea...
    setelah check status Rooted, cuma kok init.d nya nggak ada ?

    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau init.d gak ada sebaiknya jangan pakai metode ini.
      soalnya sangat riskan jika dipaksakan membuat folder sendiri.
      saya tetap menyarankan untuk menggunakan metode lain seperti "LINK2SD" ataupun "A2SD GUI DARKTREMOR".
      Sebenarnya folder init.d kebanyakan hanya dimiliki oleh "CUSTOMROM"(versi android oprekan para developer) kalau anda masih memakai "STOCKROM"(versi android bawaan hp) tidak ada folder init.d.

      KLIK DISINI UNTUK ARTIKEL BEDANYA STOCKROM DAN CUSTOMROM

      Delete
    2. Gan mau nanya untuk advan vandroid t bisa ga?, kondisi sudah di root dan ada init.d nya, trus untuk partisinya apakah harus dijdikan ext4 semua tanpa ada fata, an linux swap, karena saya pernah pake link2sd, suportnya pake ext3, trus ganti izin akses gimana dan pkhasih perlu digantikrena puny saya udah rwxrwxrwx, mohon penjelasannya master, trimakasih

      Delete
    3. Saya bukan master, sesama pelajar androider kawan :D

      Kalau partisi harus ada fat dan ext4, kalau swap tidak usah dikasih karena tidak terlalu ngefek di android dan mubadzir membuang memori. hehehe
      Kenapa ext4? Karena ext4 versi terbaru jadi lebih bagus dari ext3 dan amarulz sudah suport ext4.
      oya yang di ganti izin aksesnya itu file 40ad2sdx.

      Thanks atas kunjungannya....

      Delete
  14. Gan udah dilakukan step di atas tp masih ga ngaruh, mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa file 40ad2sdx sudah diganti izin aksesnya? Coba diulangi.

      Delete
  15. Replies
    1. Maksudnya bagaimana?
      Tolong diperjelas pertanyaannya.
      Kalau maksud anda versi android yang saya pakai adalah customrom cyanogen apocalypse versi dasarnya 2.3.6(Ginger Bread)
      Thanks atas kunjungannya...

      Delete
  16. Tablet cina mas, advan vandroid T, kira2bisa ga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah coba di advan. Mungkin kalau ada Folder init.d dan sudah di root kemungkinan bisa seharusnya.
      Atau mungkin rom yang digunakan bisa berpengaruh berhasil atau tidaknya trik ini.

      Delete
  17. kalau galaxy y rom jallyblast v 3.0.3 dah q coba gk bsa ya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jellyblast nanti selesai UTS akan saya coba. kalau berhasil nanti saya kabari.
      Lagi gak sempet ngoprek gara-gara tugas kuliah :D

      Thanks atas kunjungannya...

      Delete
  18. gan, mohonn bantuanya,, hp saya sony xperia neo l, msih ori smua blum dioprek,msih prwan,
    saya da kndala memory internal yg smpit bgt, hnya 380mb,
    saya mnta tlong gan, gmn cranya melegakan memory internal sony xperia neo l saya!!!
    saya gaptek gan gtw cra root dll,
    mhon ksih ptunjuk dr awl gan,,
    mhon bgttt,,,
    trus musti pake pc ga???

    mhon bantuanya,,
    mksh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Root itu wajib hukumnya kalau mau oprek....
      Sebaiknya saran saya cari teman yang sudah pernah oprek dan minta bantuan ke dia.
      Kalau saya pandu dari awal saya tidak sanggup soalnnya oprek butuh waktu lama dan usaha keras mulai dari instal driver, root, dll.
      Kalau agan mau ambil resiko silahkan oprek sendiri di internet sangat banyak tutorial untuk root dan sebagainya.
      Saya sarankan sebelum oprek sebaiknya anda banyak baca-baca dulu di internet.

      Terimakasih atas kunjungannya....

      Delete
  19. Gan mo tanya, klo udah pake script ini apa ga perlu lagi pake link2sd?
    apa benar yang diperbesar kapasitas memorinya dari internal bukannya file2 tersebut dipindahkan ke external, karna klo mnurut saya bila diharuskan partisi sdcard berarti yg dipake file ext4 dong bukannya internal?
    mohon pencerahannya, :)
    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru kalau pakai trik ini script link2sd harus dihapus dulu biar bisa sukses.

      Nah ini yang dinamakan virtual memory, cara kerjanya memang benar file aplikasi dipindah ke partisi ext4 saat di instal, namun sistem menganggap partisi ext4 itu sebagai internal memory, jadi berapapun aplikasi yang di instal gak akan bisa penuh sebelum partisi ext4 terisi penuh. so jangan khawatir lagi memori internal kita bisa penuh.

      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  20. 1. Gan hp ane gayung OS jellybean 4.1.1 pke cara ini bisa gak gan???
    2. Ini cara berarti memaksa sistem membaca sisa/sbgian dari memory SD jadi Internal kn gan, apakah itu tidak menjadikan lemot saat posisi menghidupkan HP???
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tolong cek dulu apakah ada folder init.d? jika ada kemungkinan bisa pakai cara ini.
      2. Bukan membaca sisa sdcard, namun memang dibuatkan partisi sendiri agar data yang dipindah tidak bercampur di sdcard. Partisi yang dibuat adalah ext4 memang proses partisi membagi memori sdcard.
      Kalau saat booting (menghidupkan hp) sih tidak ya itu tergantung rom yang kita gunakan, namun lama saat scaning sdcard memang iya tapi gak terlalu lama amat sih jadi gak terlalu mempengaruhi.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  21. cara ganti izinnya gmna gan
    tdi saya dah klik cara ganti akses kok gk bsa y gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf atas kecrobohan saya gan, saya gak tau kalau linknya mati.
      Tunggu saya buatkan tutorialnya.
      Terimakasih atas pertanyaan kritisnya...

      Delete
    2. tolong secepatnya y gan

      Delete
    3. Maaf agak telat soalnya baru sempat bikin tutorialnya.
      Link untuk cara mengganti izin akses diatas sudah saya perbaiki silahkan di klik untuk membacanya.

      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    4. gan kok saya gk ada folder init.d

      Delete
    5. Berarti anda sangat tidak disarankan menggunakan cara ini. Saran saya gunakan link2sd atau darktremor yang sudah saya posting di blog ini silahkan dicari, ingat baca dengan teliti setiap langkah dan hati2 dalam oprek karena tledor sedikit bisa berakibat fatal bagi android kita.

      Terimakasih atas kunjungannya...
      Usaha keras adalah awal dari keberhasilan, semoga sukses opreknya :D

      Delete
  22. mas, kenapa ada task dialog "warning permission change was not successful. please note that some file system (e.g. sd card ) do not allow permission changes"? ketika saya ingin merubah izin akses filenya.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah melihat peringatan seperti itu, itu gagal saat merubah izin akses, ada dua atau lebih kemungkinan, diantarannya:

      1. Apa android kamu sudah di root?
      -Jika SUDAH maka coba cek super user untuk memberikan izin pada aplikasi yang anda gunakan untuk merubah izin akses.
      -Jika BELUM maka anda sebaiknya malakukan rooting cari tutorialnya di internet banyak.

      2. Aplikasi apa yang kamu gunakan untuk mengganti izin akses?
      -Jika es explore maka cek pada menu tools dan klik root explore kemudian centang semua pilihan yang ada.

      semoga dapat membantu, maaf balasnya lama soalnya saya baru selesai menghadapi uts dan fokus pada kuliah :D

      Delete
  23. gan,,,ane tadi udah nyoba semua step nya,,
    tapi setelah ane INSTAL AMARULLZ koq memory internal ane ga nambah yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu pakai rom apa?
      apa folder init.d sudah tersedia dari rom?
      setelah merubah izin akses apa sudah di restart?

      Jika kamu pakai custom rom yang sudah ada folder init.d dan cara diatas sudah dilakukan dengan teliti namun tidak berhasil, kemungkinan rom kamu tidak cocok dengan amarulz.
      Sebenarnya rom yang sangat kompitable dengan semua metode membesarkan memori adalah custom rom besutan cyanogen, jadi cobalah menggunakan cyanogen agar mudah saat oprek.
      jika masih menggunakan rom yang sedang kamu pakai sebaiknya kamu mencoba metode lain seperti darktremor, tutorialnya sudah saya buat di blog ini silahkan dicari.
      Terimakasih atas kungjungannya...

      Delete
    2. PAKE UNGAZE LEBIH MUDAH GAN

      Delete
    3. Terimakasih atas masukannya tapi cara ini juga sangat mudah gan.
      Oke nanti kapan-kapan akan saya buatkan tutorial dengan ungaze.

      Delete
  24. gan, kalo memory external'a di ganti, apakah memory internal'a kembali seperti semula....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, soalnya lagi kehilangan koneksi :D

      Tentu saja akan kembali seperti semula.
      Jika ingin mengganti memori eksternal sebaiknya ulangi cara diatas.
      Ganti memori eksternal berarti anda kembali ke 0 (Nol).
      Jadi kalau anda ingin ganti memori eksternal harus mem backup partisi ext ke sdcard yang baru agar semua aplikasi yang sudah anda instal berjalan dengan baik.

      Terimakasih atas kungjungannya...

      Delete
  25. gan, saya pake ext2 tp kok ga berhasil cara di atas.. mohon bntuan.y gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan partisi anda tidak suport. Coba untuk menggunakan partisi ext4 atau ext3.

      Maaf baru balas, terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  26. Tolong di bantu gan.........
    saya sudah lakukan caranya step by stepdengan benar, tp sayang blm ngaruh, mohon penjelasan...
    saya pakai tablet cyrus 3G WIFI os ICS.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan cara ini tidak suport dengan rom anda, soalnya baru saja saya coba amarulz di galaxy young dengan rom jellyblast juga tidak suport.
      Saat ini saya sedang mencoba UNGAZE, kalau cara ini ampuh akan saya posting tutorial cara memperbesar memori internal dengan ungaze.
      Follow blog saya agar tidak ketinggalan informasi tentang android.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  27. Kl cara ini dipake di advan t1a bisa ngga..... mohon bantuanya... so internalnya cuma150mb .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya belum pernah mencoba cara ini pada advan. silahkan dicoba sendiri semoga berhasil.
      JIKA MASIH GAGAL COBA CARA LAIN SEPERTI UNGAZE
      KLIK DISINI UNTUK CARA INSTAL UNGAZE

      Delete
  28. difolder init.d nya disitu ad 2file ap dihapus-...... ap dibiarkan saja....... terus rebootnya matikan hh saja apa kudu masuk ke recovery..... mohon dijawab....... please... so butuh bangtnih nambah internal.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2file namanya apa saja?
      Yg harus dihapus adalah file a2sd sama link2sd, selain itu biarkan saja jangan dihapus.
      Reboot biasa jangan ke cwm.
      thanks sudah berkunjung...

      Delete
    2. Pada metode ini tidak dibutuhkan recovery jadi hh di restart biasa, jangan masuk recovery mode.

      Delete
  29. trima kasih atas infonya...... advan t1a sa udh bisa dan yg dulu 150 mb udah ditambh ext4 2gb dn skrg jd 2,15gb wao.......
    tapi masih ad masalh gan..... kl njalanin games hd asphal 6 ko lamanya minta ampun.... ampe 10ment..... sebelm diubh internalnya ga lm ky ini....
    tolong kasih solusinya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecepatan loading game dipengaruhi oleh class pada sdcard.
      Sdcard yang kamu pakai merk apa?
      Class nya berapa?
      Agar loading game hd cepat sebaiknya pakai sdcard class 10.
      Merk terserah ada 2 yg saya rekomendasikan.
      Sandisk/trancend.

      Delete
  30. oh... jd mslh pd sd card yh.... tp seblmnya ga ky gini... emng sy pake class 6 mrk v.gen.... so didaerah sini ga ada yg class 10 .... ada cara lain ngga untk ngatasin maslh ini........ please...... bntu aku... so ak demn bangt gms balp mobil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pakai vgen ya.
      Klo gini susah mempercepat loadingnya soalnya yang terbatas kecepatan memorinya mau dipercepat dengan cara apapun tidak bisa.
      Saran saya beli sdcard baru class 10 kmaren saya beli sandisk 16gb harganya Rp.160.000.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  31. agan saya udah coba cara agan.
    setelah coba caranya emang berhasil,
    tapi setealh berhasil app playstore saya,sering forceclose
    gimana cara ngatasinya, apa saya harus coba scrip
    supercharger ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Playstore fc(force close) biasanya karena crash dengan program lain atau memang aplikasinya yang rusak, kalau memang aplikasinya yg rusak caranya tinggal download playstore dari google lalu uninstal playstore bawaan android kemudian instal playstore yg sudah di download dari google, tau cara uninstal aplikasi playstore bawaan android kan?

      Delete
  32. Gan mau tanya,
    punya saya udah nambah memorinya tapi yang saya ingin tahu, resiko dari menambahkan memori internal itu apa,
    1. apa merusak hp kita sehingga tidak bisa di pake lagi..??
    2. apa merusak pada memori externalnya..??
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas :D
      resiko saat ini belum saya jumpai,kalaupun ada biasanya resiko karena kesalahan prosedur.
      Jadi kalau setiap langkah saat memperbesar memori tidak ada yang salah pasti tidak ada resikonya.

      PERHATIAN!
      ada dua pantangan saat kita memperbesar memori internal dengan menggabung memori external kita tidak boleh mencabut memori external saat hh kita dalam keadaan hidup.

      Dan jangan mengganti sdcard yang sudah dipartisi dengan sdcard yang baru, kecuali anda membackup isi partisi ext ke sdcard yang baru.

      Jika kedua pantangan itu dilakukan maka aplikasi yang terinstal pada android akan rusak.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  33. gan sya pke galaxy young v2.3.6 uudh di root, tpi kq ga ada folder ini.d yah?mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kamu tidak dianjurkan memakai metode ini.
      Masih stockrom ya coba pakai ungaze siapa tahu bisa, maaf soalnya aku blom tes amarulz dan ungaze di stockrom. Semoga bisa dipakai di stockrom.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  34. gan sya pke rom nemesis two... tpi ko memory internal'e malah jd 0.0gb gan... mhn di bantu gan...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba instal banyak aplikasi, Apakah masih bisa penuh memori internalnya?
      Kalau tidak berarti g masalah kan tujuannya biar memori g bisa penuh, tapi klo masih cepat penuh, coba hapus scrypt amarulz lalu reboot.
      Apakah masih 0gb?
      Kalau tidak, sekarang ganti metode membesarkan memorinya dengan ungaze saja semoga berhasil.
      Tutorial cara memperbesar memori internal dengan ungaze sudah saya posting silahkan cari di blog ini.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. thnks gan berhasil ni pke ungaze... tp ko lemot y gan..ane pke v-gen 4 gb...solusi'e gmn y gan biar g lemot...?

      Delete
    3. Lemot itu karena pengaruh kemampuan sdcard kamu.
      Minimal untuk memperbesar memori internal harus menggunakan sdcard(memori external) kelas 4(class 4).
      class 4 artinya sdcard memiliki kemampuan READ/WRITE 4Mbps.
      Nah saran saya beli sdcard baru dengan speed class 10, kenapa?
      Karena perbandingan harga class 4 dengan class 10 tidak terlalu jauh,saya merekomendasikan untuk membeli sdcard merk TRANCEND atau SANDISK karena dua merk itu sudah saya buktikan ketangguhannya.
      Harga di surabaya:
      Sandisk 16GB class 10 harganya Rp180.000
      Trancend 16GB class 10 harganya Rp150.000
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  35. mantafs gan... ane coba yg ungaze..thnks gan buat ilmu'e...maju truzzzz gan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan :D
      Saya tidak mengharap uang dari para pengunjung, sekedar memberikan komentar di blog ini saja saya sudah sangat merasa senang :D

      Jika anda memberi komentar berarti menghargai kerja keras pemilik blog, dan memacu semangat saya untuk membuat postingan baru, terimakasih atas respon kalian semua :)
      Jangan lupa untuk berkunjung lagi...

      Delete
  36. gan/... aku pake cross a7* udah root..ada init.d udah aku masukin filenya ke init.d... aku ganti permisionnya di cntang semua... ROM masih bawaan cuman di root ama pasang CWM..
    dan alhasil internalnya GAK BERUBAH gimana gan solusinya..??
    di bales ya.. makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan untuk cross a7 belum saya coba dengan amarulz, jika gagal silahkan coba metode lain, saya sarankan mencoba UNGAZE yang sudah saya posting di blog ini.
      Nanti kalau ada kesempatan saya coba a7 temanku dengan amarulz, kalau berhasil saya share di bog ini :D
      terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  37. gan software untuk membackup yang paling bagus pa y gan???????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan gan, Yanga kamu backup cumak aplikasi atau keseluruhan rom?
      jika cumak aplikasi ada titanium backup, tapi kalau cumak backup aplikasi satu per satu bisa pakai es file explore.
      Namun jika agan ingin backup keseluruhan mulai dari aplikasi, rom, setting, pakai cwm (clockworkmode), cwm sangat cocok untuk membackup sebelum kita melakukan oprek pada hh kita.
      Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  38. gan bagus yang amarullz pa bagus make mini tool partition...??????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya agan kurang jelas mengenai fungsi amarullz dan mini partition, begini... mini partition fungsinya untuk mempartisi/membagi sdcard, sedangkan amarullz adalah scrypt yang fungsinya untuk memperbesar memori internal dengan memanfaatkan partisi ext4 pada sdcard.

      Jadi sebelum menginstal amarullz kamu diwajibkan untuk membagi partisi sdcard kamu menjadi 2 partisi yaitu partisi FAT dan partisi EXT nah cara membagi partisi sdcard menggunakan MINI TOOL PARTITION MAGIC.

      Nah cara kerja AMARULLZ ini memindah data aplikasi dari internal memori ke partisi EXT pada sdcard kita.

      Delete
    2. ada efek samping gak gan jika misalnya gak berhasil nginstall amarulz...???
      n bisa gak di galaxy gio yg make costum ROM ICS....????

      Delete
    3. Kalau gak berhasil biasanya ya gak berubah memorinya, tapi kalau sampai salah prosedur bisa jadi bootloop atau brick :D
      gio aku belum coba, tapi kemungkinan bisa, kalau suport ma cusromnya.
      Hati-hati dan teliti adalah kunci sukses saat oprek, nah tinggal kumpulin keberanian mengambil resiko hehehehe...
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  39. gan file system tu di internal memori y....?

    ReplyDelete
  40. Iya system itu letaknya di internal
    Memori.
    Terimakasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok gak bisa di kopi ke situ y gan...?

      Delete
    2. Sebelum copy pastikan sudah root dan pastikan es explore sudah di setting root explorenya.
      Semoga sukses, terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  41. makasih gan sya berhasil 100000% di mito t710....buat yg susah rootnya bsa hubungi saya ya..insyallah tak bantu...fb q add aja https://www.facebook.com/ardipurnomo.purnomo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat gan atas keberhasilannya :D
      selamat instal ratusan aplikasi gan hahahahah...
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  42. gan udah ane coba tapi kok internal nya gak nambah y gan???? MOHON PENCERAHANNYA........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena romnya gak support dengan cara ini, coba ungaze saja gan banyak yang sukses dengan ungaze.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  43. gan hp ane macet ketika mau install darktremor... pas dihidupkan abis logo samsung langsung macet.... jadi gmna y gan.......?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu resikonya oprek gan, kalau sudah macet bisa di flash pakai odin kalau samsung, tapi menurutku sebaiknya flash pakai customrom langsung saja, sudah terlanjur basah sekalian nyelam lebih dalam gan, keuntungan customrom adalah sangat mudah dioprek, apalagi cumak memperbesar memori internal itu gampang kalau pakai customrom asal kernelnya support.
      Kamu pakai hh(hp) apa?
      Type apa?
      Nanti saya carikan rom yang bagus.

      Delete
    2. galaxy gio gan... type S5660... sekalian tutornya y gan...??????

      Delete
    3. Ini link lengkap buat galaxy gio. mulai dari customrom dan tips lain:
      http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1209425
      silahkan di cek.

      Delete
    4. Ini dapet dari blog tetangga cusrom buat gio.

      http://droidunj.blogspot.com/2012/07/kumpulan-custom-rom-untuk-samsung.html

      Copy link diatas.

      Delete
  44. Gan mau tanya caranya buat Samsung Galaxy Ace gimana ya ? perasaan beda gan sama punya ane, bingung dkit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galaxy ace sama gan, ini aku juga pakai galaxy ace s5830 gan.
      Yang bingung bagian mana ya?
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  45. galaxy gio gan... type S5660... sekalian tutornya y gan...??????

    ReplyDelete
  46. thank's gan... android ane udh jadi lg pas ane install lg costum ROM ICS.... sekali thank"s gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, senang rasanya bisa berbagi :D
      Thanks atas kunjungannya...

      Delete
  47. Gan, ane pke stock rom tapi udah ada folder init.d
    Q: 1#amaruls support stock rom g?
    2# ane pke link2sd..nah script di folder etc yg ada hubungan sm link2sd namany ap j y? Takut salah hapus
    thx a lot gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum coba amarullz di stockrom, tapi di xda hanya diterangkan asal ada folder init.d kemungkinan bisa. asal kernelnya juga support.
      Silahkan coba saja siapa tahu berhasil, tapi saranku coba pakai ungaze, sudah banyak yang berhasil pakai ungaze.
      Kalau di folder init.d yang dihapus file yang bernama app2sd.
      Semoga berhasil gan, Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  48. kok 40ad2sdx nya pas aku copy ke init.d malah gabisa dan ada tulisan read only ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu berarti es file explorer kamu belum di izinkan hak aksesnya, tolong di klik link pada langkah ke 4 pada tutorial diatas.
      Usahakan sangat teliti karena bisa berakibat fatal pada android kamu kalau ada kesalahan.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. tapiini sebelum ke langkah 4 loh. ini yang ga bisa di copy pas 40ad2sdx nya di copy ke /system/etc/init.d itu gimana caranya biar permissionnya itu able?

      Delete
    3. Ups sorry seharusnya di ganti dulu izin akses es file explorenya seperti pada langkah ke 4.
      Soalnya punya saya sudah memiliki izin akses saat membuat tutorial ini, maaf nanti saya perbaiki tutorialnya.
      Sekarang sebelum kamu copy ke system lakukan langkah 4 dulu baru dicopy ke init.d.
      Terimakasih atas pertannyaan kritisnya, semoga ini membuat saya lebih hati-hati saat membuat tutorial.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    4. itu maksudnya gimana ya? agak ga ngerti juga
      yang diganti spt langkah 4 yang mananya?

      sori tanya serus, aku udah googling dr 3 hari yg lalu semuanya gagal. tinggal cara yg ini yg belum dicoba :|

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. sudah berhasil!! terimakasih banyaaaakk! :D

      Delete
    7. Sama-sama... :D padahal baru mau saya jawab hehehe
      Maaf kalau kadang jawabnya agak lama karena saya tidak mungkin memantau lapy terus. sebaiknya kalau mau tanya langsung bisa pakai ym, tinggal klik gambar pada kolom admin of oxvi.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    8. kallen : gimana berhasil ? bertambah bsar internalnya mbak?

      Delete
  49. boss, maaf saya mau tau, maaf juga kalo udah pernah dijelasin, soal nya comment nya banyak, saya bingung.
    diatas di jelaskan langkah jika di android sudah ada folder init.d , pertanyaan saya, kalo di android belum ada folder init.d langkah yang harus saya lakukan apa ?
    saya awam di android. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak papa ditanyakan lagi, saya siap jawab kok asal sempat hehehe...
      Kalau belum ada folder init.d sebaiknya jangan pakai cara ini, soalnya terlalu beresiko kalau membuat sendiri, bisa jadi kernel android anda tidak mengenali folder init.d yang kamu buat.
      Jadi saran saya pakai cara lain seperti link2sd atau ungaze.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. bisa rekomendasikan link tutorial nya gan ?

      Delete
  50. Gan,hh ku samsung galaxy ace, pake gingerbread 2.3.4 bisa Ъќ pake amaruls? Uda q coba step by steps smua trmasuk udah partisi sd tp Ъќ brubah memory nya.. Aku uda ada init.d Tapi aq lupa dulu itu init.d bkin sndri atau gak hehe.. Minta pencerahannya ya gan. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dua kemungkinan di kasusmu ini sist...
      pertama kemungkinan folder init.d yang kamu buat sendiri :D
      kedua kemungkinan rom kamu yang tidak cocok, kalau menurutku coba dengan metode UNGAZE.
      KLIK DISINI UNTUK MELIHAT METODE UNGAZE

      Kenapa menggunakan ungaze? karena banyak yang berhasil menggunakan metode ungaze dengan stockrom, kalau amarullz banyak yang gagal karena ketidak cocokan rom.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  51. gan, harus di root dlu ya? kalau belum d root bagaimana ya?
    hp xperia ane, agak lemot gitu gmana caranya agar tdak lemot lagi?
    mohon pencerahannye.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus di root...
      Kalau lemot sebaiknya diminimalkan konsumsi ram nya.
      caranya gunakan launcher yang ringan, lalu hapus aplikasi yang run in background cara lihatnya masuk setting-applications-running service, lihat aplikasi yang berjalan, lalu uninstal yang tidak diperlukan.
      Langkah terakhir instal es task manager dari playstore.
      add widget es task manager, lalu tab untuk clear...
      Selamat Androidmu bebas dari lelet :D
      Untuk lebih jelasnya tunggu nanti saya posting tutorialnya disertai gambar agar mudah dipahami.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  52. Replies
    1. Maaf gan saya belum pernah tes di andromax i.
      Silahkan dicoba sendiri, resiko tanggung penumpang :D
      Tapi saranku pakai ungaze dulu sebelum coba amarulz, sulahkan cari tutorial ungaze di bloh ini.
      Terimakasih atas kunjunnganya...

      Delete
  53. mau tanya ni, saya pake galaxy young android version 4.2.2
    bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rom nya apa ya?
      Kalau pakai rom jellaxy 4.2.2 bisa gan sudah saya tes sukses.
      Semoga berhasil gan.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  54. Gan mau nanya kok folder init.d gk ada, padahal HP saya galyoung gimana tuh caranya biar ada??

    Tolong dijawab gan..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada berarti rom kamu tidak support dengan cara ini.
      Pakai cara lain saja.
      Kalau kamu ingin ada folder init.d silahkan diganti rom androidmu dengan rom yang support folder init.d.
      Saranku pakai customrom ELEGANCE-V1-STABLE_Signed yang sudah saya tes dengan amarullz dan hasilnya sangat stabil.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. Makasih gan atas jawabannya, saya akan terus follow blog ini

      Delete
    3. Terimakasih sudah setia mengikuti blog ini :D
      Nantikan trik dan tips lainnya dari saya, setelah uas saya akan posting artikel baru.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    4. Gan kok saya udah pakai custom rom ELEGANCE-V1-STABLE_signe tapi kok gk ada aplikasinya cuma playstore doang??

      Delete
    5. Yaps selamat uji coba dengan rom ini :D
      Rom ELEGANCE-V1-STABLE_Signed memang dibuat kosongan hanya ada playstore, jadi kita bisa instal sendiri aplikasi apasaja yang kita inginkan.
      misalnya contact dengan go contact. dsb.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  55. Kenapa memori internalnya jadi 0?? Emang apa yang salah??

    Maaf gan nanya mulu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas soalnya lagi uas banyak tugas :D semakin banyak bertanya maka saya semakin banyak pahala buat saya hahahaha...

      Mungkin tidak support gan, coba pakai ungaze aja gan, soalnya amarulz emang banyak yg gagal.
      Silahkan cari ungaze di blog ini, sudah saya posting dan banyak yg sudah berhasil pakai ungaze.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  56. saya mau nanyak ni, hp saya samsung galYoung S5360 cara nambah memo internalnya yg cocok apa ya? soalnya gak cukup memo segitu karena msh bnyk yg mau di unduh. tolong saya ya :)
    thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi saranku cona pakai metode ungaze saja, yang lebih aman daripada amarullz.
      Silahlan cari ungaze di blog ini, sudah saya posting tutorualnya.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  57. mau nanyak lagi ni, boleh kan?? hehe
    kalo nambah memonya cuma 1 gb bisa gak?
    saya pake memori vgen, itu ada masalah gak kalo pake memo itu?

    ReplyDelete
  58. Silahkan tanya semau anda, akan saya jawab semampuku. :D
    Maaf bukannya saya memandang remeh vgen, tapi kenyataannya memang sering bermasalah, karena kcepatan memorinya yg kurang mumpuni.
    Coba merk lain seperti trancend atau sandisk.

    Kalau mau tanya langsung bisa add fb saya :
    deni.magneto@yahoo.com
    Atau follow twitter saya :
    @magnedroid
    Terimakasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  59. Gan ane maw tanya ni....aplikasi ane kq ilang tu knp gan?
    kya playstor dan dataa" lainya bnyak yg corup.padahal saya udah lakuin dngn benar kya saran yg agan kasih....permasalahnya itu ada di mana ,??....apa dari partisinya yg trlalu besar ke memori itrnalnya ataw apa...soalnya kemarin sya bwt gni...
    memory 16GB
    -FAT = 10GB
    -ext4 = 2GB
    -Swap nya ni aq kasih 2GB jg....
    apa dari sini kesalahan nya........ataw gmn...soalnya dri stu aq takut bwt lakuin ni lg,,,,tp saya pengen banget memori internal saya gede....mohon pencerahanya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memori internalnya sudah berhasil bertambahkan?
      Kalau sudah berhasil bertambah berarti tidak ada masalah pada partisi sdcard agan.

      Lalu knapa rusak?
      mungkin sdcard kamu pernah dilepas saat android belum dimatikan.
      Jadi android gagal membaca data.

      Setelah memori internal diperbesar maka pantangannya adalah dilarang melepas sdcard saat android hidup.
      Coba lakukan wipe data dari cwm. Sebelym di wipe pastikan sdcard sudah terpasang pada androi.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. oow,,,jd kesalahn melepas memori tanpa di matiin ya....
      kalaw kerusakan/efek nya dari cara di atas ini apa gan?
      dan kalaw sudah berhasih apa masih prelu di beri link2SD ataw nggak?
      trus ,kalaw menggunakan memori vgan apa bakal ngaruh ke hp.soalnya saya baru beli .maw beli lg g da duit :D
      .apa g papa pake memori vigan ni?

      dan misalnya ingin ngebalik ke memori awal gmn?

      maaf gan banyak bertanya,,,, hihiih..:O maklum byar lebih jelas :D :D

      Delete
    3. Tenang gan pasti saya jawab kalau ada waktu luang :D
      1. Kerusakan/resiko pakai cara ini memang agak seram seperti bootloop, force close sampai boot stuck. Namun masalah itu masih mudah di atasi tapi agak komplex :D

      2. Klo brhasil pakai cara ini justru tidak noleh instal link2sd karena bisa saja crash. Fungsi link2sd dan amarullz sama yaitu buat memperbesar memori internal.

      3. Pakai sdcard merk vgen gak papa, tapi banyak yang mengeluh kalau androidnya jadi lelet saat buka aplikadi. Itu karena kemampuan rw vgen masih rendah. Dan untuk sdcard ada harga ada peforma, jdi klo beli merk yg agak mahal lbih bagus seperti trancend dan sandisk. Tapi kalau memaksakan diri pakai vgen ya latih kesabaran gan :D

      4. Kalau mau kembalikan memori srperti semula tinggal hapus semua partisi dari mini partition tool magic lalu buat partisi baru seperti sebelumnya tapi bagian ext dan swap diloncati saja.

      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    4. "PERHATIAN.....!!!"
      Maaf ada tambahan, kalau beli memori baru pastikan minimal memiliki class 4 atau syukur2 memiliki class 10. Harga sdcard class 4 dan class 10 tidak beda terlalu jauh jadi saran saya beli yang class 10.
      Harga sdcard:
      Trancend 16GB Class10 = Rp 160.000
      Samdosl 16GB Class10 = Rp 170.000
      Di wtc surabaya kemaren, skarang mungkin sudah turun lagi.

      Delete
  60. maksih gan buat jawaban nya. .
    . ane coba dlw kalaw gtu.
    . ntar kalw ada maslh lg. .
    ane tanya lagi ya.
    .heheh
    . maju trus gan √•_•√

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan...
      silahkan tanya sepuasnya, saya jawab semampunya :D
      Terimakasih sudah setia memantau blog ini...

      Delete
  61. gan hape ane xperia neo v..
    dlu froyo jadi ics gan..padhal cuma pngn ke gingerbread biar g lemot..
    kira2 solusinya gmn y gan??
    apa dibalikin ke froyo dlu baru doprek memorynya biar g lemot lagi ap langsungan di oprek???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lemot bisa di downgrade ke gingerbread, atau kalau mau cari customrom ics yang ada fitur overclocknya biar ringan, cari cutomrom yang stabil dan ringan.
      Kenapa saya menyarankan customrom? karena customrom lebih mudah di oprek, kalau stockrom biasanya kernelnya tidak support jadi susah dioprek.
      Pastikan kamu pakai sdcard class10 atau minimal class4 agar tidak lemot.

      Delete
    2. klo di downgrade ntr aplikasinya g kyak di ics dong gan..hehhe
      trus klo dah ketemu customromnya baru isa kayak di atas gan??
      maslahnya masih awam sih gan, sma dlu pernah bawa kekonter hape malah mereka g mau cz takut klo mati total gan..gmn y gan enaknya..masalahnya sekarang hp android mahal2 tapi internalnya msih kecil semua,
      ne udah lengket sama experianya jadi mau tak operasi aja daripada pusing milih yg baru..hehhe
      tolong dibantu ya gan..

      Delete
    3. sama minta link atau cara buat dapeti customrom buat icsnya donk gan..biar lebih mudah ane mahaminya..
      masalahnya bener2 g mudeng gan..pngin blajar...hehhe

      Delete
    4. Gampang belajar ngoprek asal bisa bahasa inggris :D di forum xda developer semua ada.
      Kalau mau memperbesar memori internal saya sarankan pakai customrom biar mudah di oprek.

      Resiko oprek sangat besar, jadi benar konter menolak karena hp bisa hard brick. Gak seimbang dengan bayarannya.
      Kalau belum paham benar cara oprek mending banyak baca2 dulu biar gak menyesal kalau gagal :D
      silahkan cari customromnya di xda developer.

      Delete
    5. customromnya diapain emangnya gan??hehhee

      xda developer mana thu gan situsnya??

      bahase tinggi bnget jadi kurang bgd pahame..hehhe

      minta bantuaannya y gan.

      Delete
    6. Bahasanya udah dasar itu :D
      hardbrick: adalah kondisi dimana hp tidak bisa dinyalakan, alias seperti batu bata :D

      Untuk customrom silahkan kunjungi link dibawah ini :

      http://forum.xda-developers.com/

      Di xda developer kamu bisa nyari customrom dan trik2 android. Namun pakai bahasa inggris :D
      Disana penghuninya para orang gila android jadi jangan heran kalau bahasanya susah dipahami orang awam dan disana tidak ada tutorial bergambar seperti di blog ini, semua tutorialnya serba tulisan.
      kalau masih bingung silahkan ditanyakan pasti saya jawab.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    7. sabar y gan..orang awam mau nanya..
      jadi itu yang droot hp ap mmcnya to gan??
      hehhe..
      kan klo tak cerna sdikit yang dioprek mmcnya doank to??
      hpnya enggak???
      bener g???

      Delete
    8. Iya gan sama-sama masih belajar :D
      Yang di root hpnya, cara root saya tidak menyediakan karena beda hp beda cara nanti kalau keliru bisa bahaya hpnya.
      untuk mmc(sdcard) itu di partisi, cara partisi sdcard ada di atas.
      Jadi yang dioprek keduanya: sdcard dipartisi dan hp di root dulu. baru ikuti cara diatas.
      Ingat resiko di tanggung penumpang :D
      saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau hilangnya data anda karena mengikuti cara diatas.
      Kalau anda mengikuti langkah2 nya dengan benar insya'allah aman :D
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  62. 40ad2sdx kq g bisa di copi ke folder /system/etc/init.d kenapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mungkin karena izin akses pada es file explore kamu belum di setting, silahkan seting dulu caranya ada di atas.
      Atau mungkin karena androidmu belum root.
      Nah silahkan di root kalau belum root.
      Selamat berexperimen gan :D

      Delete
    2. sudah di root kq gan...dah jd v2.3.7....
      cara setingnya gmn gan?

      Delete
    3. Settingnya ada di atas.
      Baca yg teliti gan :D

      Delete
  63. udah bisa gan...makasih ya....heheh...ane lega bgt.....
    jadi cara melepas memori harus di matiin dulu ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh selamat gan :D
      Klo lepas memori wajib hukumnya dimatikan dulu androidnya.
      Dan kalau menghidupkan android pastikan sdcard sudah terpasang.
      Kalau tidak androidmu akan error.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  64. syaratnya buka linknya harus dari hp ya? atau cara memperbesar memorinya harus pake kabel data?
    1 gb bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka link apa ya?
      Pada tutorial kali ini tidak menggunakan komputer langsung dari hp saja.
      Namun kalau sdcard kamu belum dipartisi, harus dipartisi dulu dengan komputer.
      AWAS! mempartisi sdcard harus menggunakan card reader, jnagn menggunakan kabel data, karena berpotensi besar merusak hp anda dan sdcard anda.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  65. MiniTool Partition Wizard nanti yang di download yg mana ya? soalnya banyak ni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuaikan dengan sistem operasi komputer anda.
      Anda pakai windows apa linux?
      kalau windows pilih yang partition wizar home(pada tabel paling atas) klik local download untuk mendownloadnya.
      Terimkasih atas kunjungannya...

      Delete
  66. oya nau nanyak lg, kalo App mgr liatnya dari mana ya? dari hp atau komputer? bingung ini saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. App manager apa ya? saya malah bingung :D
      ooww! mungkin maksud kamu app mngr yang saya gunakan untuk mengcopy file amarullz ya?
      Itu pakai ES FILE EXPLORE, silahkan download dari playstore gratis.
      Kalau ada pertanyaan lagi silahkan ditanyaakan, akan saya jawab sesempatnya :D
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. pake custom rom jelly blast v3 ngga bisa ya bang? soalnya kan pake cmw repencis,, bener ngga si?

      Delete
    3. Bisa malahan kalau pakai jelly blast.
      Cmw repencis apaan ya?
      Untuk gayoung Saran saya dari pada pakai repencis mending pakai elegance v1stable yang sangat keren.
      Silahkan dicoba terimakasih sudah berkunjung...

      Delete
    4. cmw bla bla.zip bang.. trus kernelnya final repencis..
      tapi tiap abis instal itu cmw sama kernel trus ext-s.zip
      langsung aku reboot terus bootlop jadinya..
      oke aku coba bang..
      kirain harus make custom rom repencis juga.. mumet

      Delete
    5. Hahahaha
      semoga sukses gan. Itu repencis nggak usah dipakai, pakai rom elegance aja gan, memorinya langsung besar kalau gak salah, syaratnya sdcard harus sudah dipartisi biar langsung memperbesas memori saat flash rom.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  67. tanya lagi bang.,,. aku udah langsung ni instal elegance tapi kok menunya cuma ada gmail sama playstore ya.. haduhh.. bingung juga bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seperti itu gan.
      Jadi aplikasi kontak, sms silahkan download sendiri di playstore seperyi "go contact" dan "go sms".
      Kalau pemutar musik bisa instal winamp, camera bisa instal camera 360.
      Jadi agan bisa instal aplikasi yg dibutuhkan saja.
      Kalau masih bingung silahkan tanya lagi.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. hahaha bisanya aku pake ungaze bang.. hahaha..
      udah muter2.. eh taunya dikomentar ada nyebutin alternatif lain.. :D

      Delete
    3. wah selamat gan atas keberhasilannya aku ikut senang :D
      Lain kali baca semua komentar gan biar tau kalau ada solusi lain :D hehehehe
      Tapi capek juga baca komentar sepanjang ini wkwkwkwk maklum saya rajin jawab komentar jadinya rame yang komen :D
      Terimakasih sudah setia berkunjung di blog ini :D
      Nantikan postingan saya selanjutnya...

      Delete
  68. Gan HP saya Galaxy Mini 1 ROM 4.2.2 Jelly Bean bisa kah?
    dan saya pake root explore gan cara gnti izinnya gmna?
    dan kalo saya pake Memori 4GB bagi partisinya berapa"?
    FAT : ? MB/GB
    Ext4 : ? MB
    Linux Swap : ? MB

    Mohon di jawab gan , Trimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mini bisa gan, asal rom support ma ext. dicoba saja semoga berhasil.
      Untuk ganti izin akses pakai root explore bisa gan, saya sarankan pakai es file explore ke para pengunjung karena fiturnya sangat lengkap.
      Kalau partisi tidak ada patokan, tapi kalau mau pakai saran saya silahkan:

      Ext4:300MB
      Linux Swap: 100MB
      FAT: sisanya
      Untuk swap boleh tidak dipakai, karena cara ini tidak membutuhkan partisi swap, tapi kalau kamu buat partisi swap pun tidak masalah mungkin saja suatu saat dibutuhkan.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. Rom saya pake Cyanogenmod 4.2.2 Jelly Bean dan sudah ter Root + udah ada folder init.d, didalem folder init.d terdapat 3 file termasuk link2sd

      Ok gan trimakasih atas jawabnya dan infonya, saya akan coba tapi sebelumnya mau tanya lagi

      nah gan kalo di hape sudah terinstal app2sd sma link2sd harus di unistal kah?

      klo 8GB sma juga gan?

      Delete
    3. Maaf baru sempat balas :)
      app2sd dan link2sd harus diuninstal dan dihapus scriptnya di folder system/etc/init.d
      Kalau sdcard 8GB sama juga boleh. yang penting ext gak melebihi 1GB soalnya mubazir :D sebelum kita bisa memenuhi partisi ext hp kita akan terasa lemot. jadi bijaklah menginstal aplikasi agar tidak membuat lelet hp kamu gan :D
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  69. gan kenapa cyanogenmod saya lama sekali loadingnya setelah saya reboot...mohon cepat tanggapan gan :s

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, udah dpaet solusi blom gan?
      Loading CyanogenMod lama bnget..

      Delete
    2. Kemungkinan itu boot stuck(macet saat booting), ada beberapa solusi untuk mengatasinya:
      #apa sebelumnya sudah di backup dengan cwm?
      Jika sudah maka tinggal restore rom dari cwm.
      Namun jika belum di backup agan bisa lakukan factory reset dan coba nyalakan kembali apakah bisa booting.
      Namun jika masih macet agan harus flash(instal ulang) rom.
      #PERHATIAN!#
      Jika gagal memperbesar memory dengan cara ini maka sebaiknya coba dengan cara ungaze karena banyak yang berhasil dengan ungaze.
      Silahkan cari tutorial cara memperbesar memori internal dengan ungaze di blog ini.
      Ingat, pastikan langkah2 yang kamu lakukan sudah benar agar tidak terjadi kegagalan lagi.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  70. gan ko total space nya malah 0.00b ( ngga kebaca gitu ) ?????????
    mohon pencerahannya....
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah mengalami itu gan, coba instal banyak aplikasi apakah masih bisa penuh atau tidak?
      Kalau tidak berarti sudah berhasil memperbesar memori internalnya tapi cumak error di counting memorinya.
      Tapi kalu memori masih bisa penuh berarti gagal, agan bisa coba untuk facktory reset akan tetapi nanti akan hilang semuua aplikasinya, jadi saran saya dibackup dulu biar aman.

      Delete
  71. gan maw tanya ni....ane kan maw costm rom ke jelly bean, apa partisian ya kehapus taw nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. partisi tidak akan terhapus, tetapi aplikasi seperti amaruls, link2sd, ungaze, dll. akan hilang.
      Jadi setelah ganti rom maka memori internal akan kembali seperti semula, jadi harus mengulangi lagi ngoprek memorinya :D
      Terimakasih sudah berkunjung gan...

      Delete
  72. Gan kalo ga ada init.d nya gimana? Saya udah selesai partisi sd cardnya. Sd card sava v-gen 16gb. Udah download file 40ad2sdx-a2.zip nya juga. Mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada folder init.d sebaiknya jangan pakai metode ini.
      Saya sangat menyarankan untuk menggunakan metode link2sd yang lebih aman. Namun kelemahan link2sd adalah memori internal masih bisa penuh kalau terlalu banyak instal aplikasi.
      Silahkan cari cara instal link2sd di blog ini, kalau masih ada yag bingung silahkan ditanyakan.
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
    2. Kalo mau pake metode amarullz ini harus pakai custom rom dulu bukan? Saya kan sudah mengikuti prosedur partisi sd card dari sini, apa harus dipartisi ulang jika saya mengikuti metode link2sd yang agan sarankan? Thx

      Delete
    3. Tidak ada keterangan harus customrom atau tidak, yang penting ada folder init.d sudah bisa pakai metode ini, itu keterangan yang saya dapat dari developernya.

      Kalau link2sd biasanya pakai partisi ext3, tapi coba dulu gan kalau sudah terlanjur ext4 siapa tau link2sd sudah mendukung partisi ext4.
      Jika masih kurang jelas selahkan ditanyakan lagi.
      Terimakasih atas kunjungannya....

      Delete
    4. Sudah saya coba gan, tapi seusai install link2sd dan saya buka aplikasinya ga ada reaksi apa2. Jadi gimana gan?

      Delete
    5. Maksudnya gak ada reaksi gimana ya?
      bisa dibuka gak aplikasi link2sdnya?
      Kalau bisa maka nanti akan disuruh memilih partisi external.
      Setelah memilih partisi silahkan di restart hpnya.

      Delete
  73. gan, ane mau nanya tp menyimpang dikit, hehehe

    cara instal adrenaline engine di apocalypse itu gmn?
    apa setelah semuanya selse di install...? trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya adrenaline engine di instal kalau sudah selesai instal rom.
      Hati-hati saat instal, perhatikan semua langkah, kalau salah kemungkinan bisa bootloop :D
      Terimakasih sudah berkunjung gan...

      Delete

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management